Tips Liburan Hemat Ala Backpacker ke Langkawi Island

Langkawi Island atau yang lebih dikenal dengaan Pulau Langkawi, merupakan salah satu pulau eksotis yang berada di negara Malaysia. Tak hanya terkenal akan keindahan alamnya yang memesona, Langkawi juga dianggap sebagai destinasi berbiaya mahal. Tak perlu khawatir, Anda bisa mengikuti tips di bawah ini untuk liburan hemat ke Langkawi. 


Langkawi Island
langkawi-info.com

Pilih Transportasi yang Tepat 


Terletak di salah satu distrik di Kedah, untuk sampai ke pulau ini Anda bisa menggunakan pesawat dari Jakarta ke Kuala Lumpur. Penerbangan selama dua jam ini biasanya dibanderol dengan harga sekitaran Rp700.000,00. Ada baiknya Anda mempertimbangkan promo untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Ada banyak transportasi yang bisa Anda pilih untuk menuju Langkawi Island. Dari Kuala Lumpur, Anda bisa memilih penerbangan ke Langkawi dengan harga sekitar Rp300.000,00. Penerbangan ini memakan waktu tempuh satu jam untuk sampai ke pulau yang dijuluki sebagai Bali-nya Malaysia ini. 

Jika ingin pilihan yang lebih murah, Anda bisa menggunakan bus menuju Kedah dari Terminal Bersepadu Selatan (TBS) dengan harga tiket berkisar RM 45 atau sekitar Rp150.000,00. Lalu menggunakan kapal feri dari Kuala Perlis ke pulau Langkawi dengan tiket sekitar RM 18 atau Rp65.000,00 dengan waktu tempuh 75 menit. 

Jika Anda ingin berkunjung ke Langkawi dan berangkat dari kota lain di Malaysia, ada beberapa spot keberangkatan yang bisa Anda pilih. Dari Kuala Kedah ke Langkawi bisa ditempuh dalam waktu 105 menit dengan tiket feri berkisar RM 23, atau dari Penang menggunakan feri dengan harga tiket sekitar RM 70. 

Pulau kecil ini belum memiliki alat transportasi masal, sehingga pilihan Anda selama di sini hanya dua yaitu menggunakan taksi atau menyewa kendaraan seperti mobil atau sepeda motor. Anda bisa menyewa mobil selama 24 jam dengan harga RM150 atau menyewa sepeda motor dengan harga RM 30. 

Proses penyewaannya pun mudah bisa menggunakan paspor atau SIM A dan tidak membutuhkan SIM internasional selama berada di pulau ini. Oh iya, Anda juga akan diminta memberikan kontak yang bisa dihubungi selama berada di pulau ini. 

Cari Penginapan di Pusat Kota 


Walau memiliki julukan Bali-nya Malaysia, Anda justru sangat disarankan memilih penginapan di pusat kota jika ingin berhemat. Penginapan murah ini bisa berupa hotel, homestay atau guest house dengan biaya penginapan di pusat kota mulai dari Rp200.000,00 untuk satu malam. 

Bila Anda ingin berlibur ke Langkawi selama tiga hari dua malam, estimasi biaya yang akan Anda keluarkan untuk transportasi dan penginapan sekitar Rp1.500.000,00. Biaya ini belum termasuk makanan dan tiket ke tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi selama berada di Langkawi.

Destinasi Wisata Menarik di Pulau Langkawi

Langkawi Sky Bridge 


Bagi Anda pecinta fotografi, rasanya sangat wajib mengunjungi jembatan ikonik dari pulau Langkawi ini. Terbentang sepanjang 125 meter dengan ketinggian 100 meter dari permukaan tanah, jembatan dengan satu tiang penyangga di tengah ini terletak di antara dua bukit yang hijau. 

Anda akan disuguhkan pemandangan hutan hijau dan gugusan pulau di sekitar Langkawi yang indah dan memesona. Menggunakan Langkawi Sky Cable Car, Anda akan dikenakan biaya RM 55 untuk bisa sampai ke jembatan ini. Biaya ini sudah termasuk tiket masuk ke SkyDome, SkyRex dan museum 3D Art Langkawi. 

Pantai Cenang yang Eksotis 


Inilah salah satu destinasi primadona dari pulau Langkawi. Pantai berpasir putih yang tenang dengan deretan pohon kelapa di pinggirnya akan memanjakan mata Anda. Air lautnya juga berwarna biru dan jernih. 

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini. Mulai dari berenang hingga snorkeling dan diving. Keindahan bawah lautnya juga tak kalah juara. Namun pantai dengan suasana tenang ini akan berangsur ramai saat high season. Jadi, jika Anda ingin mencara ketenangan, datanglah ke Langkawi pada tanggal-tanggal biasa. 

Eagle Square dan Legenda Park 


Terletak persis di sebelah pelabuhan Jeti Kuah, Anda akan langsung bisa melihat patung elang yang menjadi ikon dari pulau ini. Seperti alun-alun, Eagle Square ini bisa Anda jadikan spot berfoto yang keren dan instagramable. 

Tak jauh dari Eagle Square, ada juga Legenda Park yang merupakan taman dengan berbagai cerita-cerita legenda di setiap sudutnya. Taman indah ini juga memiliki beberapa spot menarik untuk Anda abadikan dalam lensa kamera. 

Itulah beberapa tips juga destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat berada di Langkawi Island. Liburan ke luar negeri tak harus mahal, Anda juga bisa liburan hemat dan mendapatkan pengalaman yang tak kala berharganya.