Langkah Menghindari Paru-Paru Basah di Usia Lanjut

Saat usia telah memasuki 50 tahun maka berbagai penyakit dapat terjadi hingga menjadi penyebab komplikasi. Salah satunya penyakit yang memiliki risiko buruk pada kondisi kesehatan adalah paru-paru basah. Ini langkah menghindari paru-paru basah di usia lanjut. 


langkah menghindari paru-paru basah
doktersehat.com

1.    Olah Raga


Kondisi tubuh harus selalu dalam keadaan sehat agar dapat terhindar dari berbagai penyakit termasuk paru-paru basah. Langkah pertama yang perlu diterapkan di usia lanjut adalah melakukan olah raga secara rutin. Olah raga akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mulai menurun pada usia lanjut. 

Sistem kekebalan tubuh yang tetap stabil secara optimal maka berbagai infeksi kuman dapat dicegah dengan lebih efektif. Ketika sistem kekebalan tubuh stabil mikroorganisme seperti jamur, virus, bakteri yang masuk ke saluran pernapasan tidak akan turun ke paru-paru. 

2.    Menjaga Pola Makan 


Langkah menghindari paru-paru basah di usia lanjut yang kedua adalah menjaga pola makan agar tetap mengonsumsi makanan sehat. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yaitu vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. 

Fungsinya untuk mencegah masuknya kuman yang menjadi penyebab paru-paru basah. Vitamin C  yang dikonsumsi juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ketika telah berusia lanjut ini sebaiknya untuk menghindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak jahat. Pastikan di usia lanjut tidak lagi merokok yang akan menjadi pemicu paru-paru basah. 

3.    Menjaga Kebersihan


Anda harus menjaga kebersihan mengingat sistem imun yang terkadang tidak stabil atau sudah mulai rentan di usia lanjut. Pastikan Anda tidak berada di lingkungan yang kotor karena memiliki risiko mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan. Bersihkan lingkungan sekitar rumah Anda dengan membuang sampah pada satu tempat. 

Selain itu, pastikan mencuci tangan secara rutin karena memiliki risiko banyaknya mikroorganisme berbahaya. Tangan merupakan perantara dari anggota tubuh yang akan membawa infeksi virus ke tubuh, termasuk penyakit paru-paru basah. Cuci tangan dengan menggunakan sabun terutama saat akan tidur di malam hari.

4.    Menutup Mulut Ketika Bersin atau Batuk


Ketika bersin dan batuk akan ada proses di mana keluar dan masuknya kuman serta bakteri. Hal ini membuat Anda harus menutup mulut ketika bersin atau pun batuk. Tujuannya ketika kuman telah keluar tidak akan terhirup kembali hingga masuk ke dalam paru-paru. Sebaiknya Anda menggunakan tisu dan membuangnya ke tong sampah agar terhindari dari kuman dan bakteri.

Langkah menghindari paru-paru basah di usia lanjut dapat Anda terapkan dengan mudah tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Jika Anda tidak melakukannya secara rutin tidak hanya kehilangan kesehatan tetapi juga akan kehilangan banyak biaya untuk pengobatan. Hari-hari yang Anda lewatipun akan selalu berhubungan dengan obat sehingga mengganggu aktivitas.