Cara Memulai Bisnis Jual Beli Apartemen dari Nol untuk Pemula

Sebagian orang yang sebenarnya punya cukup modal, kadang masih enggan untuk memulai bisnis properti, khususnya apartemen. Padahal, bisnis ini bisa dilakukan siapa saja, termasuk pemula yang modalnya masih pas-pasan. Berikut beberapa contoh cara memulai bisnis jual beli apartemen untuk Anda yang tertarik menggelutinya.

cara memulai bisnis jual beli properti
kaltim.tribunnews.com

Patungan dengan Saudara dan Sahabat


Belum banyak orang yang berpikiran jika bisnis jual beli apartemen bisa dilakukan sejak dini jika modalnya berasal dari patungan beberapa orang. Anda bisa mengajak saudara sehingga bisa dijadikan bisnis keluarga atau sahabat sehingga bisa lebih mempererat tali persahabatan. Saling mengingatkan dan bekerjasama akan lebih mudah dilakukan dengan orang terdekat.

Selanjutnya, saat uang patungan tersebut sudah terkumpul, Anda bisa langsung membeli apartemen yang potensial untuk dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Sebagai permulaan, Anda bisa beli 1-3 apartemen terlebih dahulu. Kerahkan semua kemampuan agar berhasil meraih keuntungan dari hasil penjualan apartemen-apartemen tersebut.

Selektif Memilih Apartemen yang Dibeli


Beli apartemen jelas beda dengan beli beras atau kacang tanah rebus. Beras dengan mutu kurang baik sangat mudah dilihat. Begitupula kacang tanah rebus yang buruk tidak banyak menimbulkan kerugian yang berarti. Tapi, untuk apartemen, pembeliannya melibatkan banyak pihak dan uang, apalagi dibeli dengan cara patungan.

Oleh karena itu, penting untuk Anda selektif dalam pemilihannya. Pilih apartemen yang masih baru tapi memiliki kualitas baik, baik pemilik maupun developer-nya. Anda juga perlu melihat kondisinya jika beli bekas.

Berapa usia pemakaiannya dan perbaikan atau renovasi apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan nilai jualnya? Pertimbangkan semuanya dengan matang. Cara memulai bisnis jual beli apartemen yang seperti ini akan menghindarkan Anda dari kerugian yang sangat mudah untuk dicegah.

Pasang Mata dan Telinga


Maksud dari pasang mata dan telinga ini yaitu rajin-rajin membaca iklan di koran, internet, atau media informasi lainnya. Informasi ini juga bisa diperoleh dari mendengar obrolan tetangga, tentunya yang masih ada hubungannya dengan properti apartemen.

Perhatikan poin nomor dua, yaitu kriteria apartemen yang akan Anda pilih untuk dibeli. Salah seoang pakar properti pernah mengatakan bahwa pebisnis pemula yang mulai dari nol lebih mampu menghasilkan keuntungan besar jika dibandingkan dengan pebisnis yang meneruskan keberhasilan orang tua atau pendahulunya.

Hal ini dikarenakan pebisnis pemula cenderung lebih banyak belajar bagaimana mengatasi kegagalan yang pernah dialaminya. Nah, selain berpikir kritis dalam menangani kegagalan, aktivitas keahlian untuk pasang mata dan telinga ini memang menjadi salah satu medianya.

Selanjutnya, jika sudah menemukan apartemen yang tepat, cari pembeli potensial. Selain pasang mata dan telinga, Anda juga harus aktif menawar-nawarkannya. Mulailah dari orang terdekat. Dijamin semua cara memulai bisnis jual beli apartemen tersebut akan membawa Anda pada tangga kesuksesan. Kuncinya, bersungguh-sungguh dan pantang menyerah.