4 Cara Merawat Door Trim Mobil agar Tidak Rusak

Cara merawat door trim mobil pastinya ingin diketahui oleh Anda yang memiliki mobil kesayangan. Soalnya tidak bisa dipungkiri lagi bahwa door trim juga memegang peranan penting terhadap penampilan dan fungsi dari mobil itu sendiri. Untuk itulah, penting sekali mengetahui cara merawat bagian mobil tersebut agar tidak rusak. Berikut ini ada 4 cara terbaiknya. 

liputan6

1. Membersihkan Menggunakan Vacum Cleaner


Cara yang pertama adalah dengan rajin membersihkan menggunakan vacum cleaner pada setiap bagian sisi dari door trim mobil tersebut. Soalnya melakukan pembersihan dengan menggunakan vacum cleaner akan lebih mampu membersihkan sudut-sudut yang sulit terjangkau. Dengan melakukan hal tersebut maka berbagai debu yang mengganggu bisa hilang secara sempurna.
2. Gunakan Pembersih yang Sesuai

Perlu diketahui bahwa setiap mobil memiliki door trim yang berbeda bahannya. Contohnya ada mobil yang menggunakan bahan vinyl untuk bagian door trim. Tentunya dengan bahan seperti vinyl tersebut maka pembersih yang digunakan juga mesti dipilih khusus. Pilihlah pembersih yang memang diperuntukan untuk bahan tersebut dan usahakan menggunakan kain yang lembut.

Selain itu, jangan lupa untuk hindari menggunakan pembersih yang tergolong keras dan mengandung bahan kimia berbahaya. Contoh paling sederhana adalah cairan pemutih hingga pelarut. Memang benar bahwa cairan tersebut akan cepat dalam membersihkan tapi akan memberikan efek samping yang tidak baik. Terutama kerusakan permanen pada bagian mobil. 

3. Gunakan Sikat Bulu


Cara merawat door trim mobil yang berikutnya adalah dengan menggunakan sikat bulu. Soalnya tidak bisa dipungkiri seringkali ditemui debu yang menempel di sela-sela tombol. Debu-debu tersebut tentunya akan sangat sulit dihilangkan dengan cara yang biasa. Untuk itulah, Anda bisa menggunakan sikat bulu yang dijamin lebih ampu untuk membersihkan debu tersebut. 

Jangan paksakan untuk bersihkan dengan alat lainnya yang tidak sesuai. Soalnya apabila dipaksakan maka hanya akan membuat debu tidak menghilang bahkan bisa menimbulkan kerusakan. Sikat bulu adalah sebuah pilihan yang paling tepat untuk membersihkan debu yang berada di sela-sela dan juga tetap mampu menjaga keawetan dari door trim mobil itu sendiri. 

4. Selalu Periksa Kondisi Door Trim


Terakhir adalah dengan selalu memeriksa kondisi dari door trim mobil yang Anda miliki. Pastikan bahwa tidak ada bagian yang rusak dan semua bagian masih bekerja secara maksimal. Selain itu, perhatikan juga pada bagian pengancing dan pastikan bahwa pengancing tersebut tidak mengalami kekenduran. 

Jadi bisa dibilang, cara merawat door trim mobil tidaklah terlalu rumit ataupun sulit untuk dilakukan. Empat cara sederhana yang sudah dijelaskan di atas bisa dijadikan referensi terbaiknya. Perawatan ini tentunya dilakukan agar tidak terjadi kerusakana atau door trim yang berfungsi secara maksimal.